Minggu, 26 Maret 2017

Proposal Proyek SIMPEDA (Sistem Informasi Manajemen Pembangunan Daerah)

I. Latar Belakang

Kemajuan teknologi informasi yang pesat serta pemanfaatannya secara luas telah membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Kenyataan menunjukkan bahwa penggunaan media elektronik dalam pengelolaan SIM (Sistem Informasi Manajemen) merupakan faktor yang sangat penting. Karena itulah perlu dibangun SIMPEDA

II. Maksud dan Tujuan
 
Maksud dan tujuan dari proyek SIMPEDA ini adalah untuk pengendalian dan pengawasan pelaksanaan pemerintahan pembangunan serta pembinaan/pelayanan kemasyarakatan.

III. SasaranSasaran dari proyek SIMPEDA adalah terbentuknya studi yang mengkaji adanya
  • Kelayakan untuk pengembangan SIMPeDa atau e-government di Kabupaten Pakpak Bharat;
  • Format/Desain/Model layanan individual/warga negara atau Government to Citizens (G2C). G2C membangun fasilitas satu pintu yang mudah ditemui dan mudah digunakan untuk semua layanan pemerintahan kepada masyarakat;
  • Desain interkoneksi antarentitas pemerintahan atau Government to Government (G2G). G2G memudahkan penyelenggara pemerintahan lokal untuk mendapatkan data dari partnernya (misalnya pemerintah lokal yang lain- antarsatker).
  • Model Internal Efficiency & Effectiveness (IEE) dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk mengurangi biaya administrasi pemerintahan dengan menggunakan alat bantu yang sudah teruji efektifitasnya di dunia bisnis seperti supply chain management, financial management dan knowledge management.
  • Model Government to Bussiness (G2B). G2B mengurangi beban kerja pengontrolan bisnis (misalnya pelaporan keuangan perusahaan pada pemerintah, penghitungan pajak dan sebagainya) dengan cara menghilangkan duplikasi pengumpulan data.

IV. Ruang Lingkup
Secara umum, ruang lingkup dari proyek SIMPEDA ini adalah sebagai berikut
  • Menyusun dokumen yang berisi studi kelayakan pembangunan e- government di Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat (termasuk kajian ketersediaan dan kemampuan SDM/aparatur);
  • Menyusun dokumen yang berisi kajian pengembangan e-government dimana didalamnya sudah termasuk kajian infrastruktur dan aplikasi (portal dan interkoneksi);
  • Membangun peta jaringan infrastruktur (jaringan komputer, tower dan lain-lain);
  • Merencanakan aplikasi layanan yang akan digunakan (portal dan perpaduan SIM yang telah ada di beberapa satker; SIMPEG, SIMREDA, SIMDA, SIMKES, SIAK dll..)
  • Merencanakan anggaran yang didasarkan pada tahapan pengembangan e-government.
  • Melakukan kajian yang mendalam, terinci dan komprehensif sehingga Pemkab Pakpak Bharat dapat mengoperasikan dan memiliki Infrastruktur Jaringan Online 24 jam dan Sistem Informasi Terintegrasi

V. Keluaran

Keluaran yang diharapkan dari proyek SIMPEDA adalah sebagai berikut :
  • Tersusunnya dokumen studi kelayakan dan dokumen kajian pembangunan e-goverment
  • Terbentuknya infrastruktur jaringan dan kajian yang menelaah hal tersebut
  • Terbentuknya aplikasi layanan SIMPEDA serti kajian yang menelaah hal tersebut
  • Terencaanakannya anggaran untuk tahap-tahap pengembangan e-goverment

VI. Waktu Penyelesaian



Kegiatan ini dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2009 yaitu sekitar bulan Juli – November 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar