Minggu, 26 Maret 2017

Software Test Plan - Dokumen Pengujian Software

I. Pengertian

Dalam suatu proyek, dikenal istilah Test Plan Document. Test Plan Document adalah sebuah dokumen yang menjelaskan ruang lingkup, pendekatan, sumber daya dan jadwal kegiatan pengujian produk yang dimaksud. Dokumen ini mengidentifikasi berbagai hal seperti fitur yang akan diuji, tugas pengujian, siapa yang akan melakukan tugas apa, tingkat kemandirian dan ketergantungan penguji, lingkungan pengujian, teknik desain uji, kriteria masuk dan keluar yang akan digunakan, dan alasan untuk menentukan pilihan dan setiap risiko yang membutuhkan perencanaan. Di dalam dokumen ini tercatat proses perencanaan pengujian.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara umum Sotware Test Plan adalah dokumen yang menjelaskan ruang lingkup dan kegiatan pengujian. Dokumen ini adalah dasar untuk pengujian perangkat lunak / produk dalam proyek secara resmi.

II.  Template 
Berikut ini adalah template Software Test Plan :

1) Test Plan Identifier
2) Introduction
3) Test Items
4) Featured To Be tested

5) Featured Not To Be tested
6) Approach
7) Item Pass/Fail Criteria
8) Test Deliverables
9) Test Tasks
10) Enviromental Needs
11) Responsibilities
12) Staffing and Training Needs
13) Risks and Contingencies
14) Approvals




III. Studi Kasus 


Berikut ini adalah salah satu contoh penerapan Software Test Plan terhadap produk Sistem Administrasi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya

----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar